Google

Senin, 18 Juni 2007

MENGEMBANGKAN DAYA NALAR ANAK

Setiap anak terlahir dengan jenius, demikian bunyi kalimat yang dapat kita baca dari berbagai buku yang dikarang oleh banyak pakar. Setiap bayi terlahir dengan sel neuron yang berjumlah 1.000.000.000.000 ( satu triliun), dan penelitian terakhir menunjukkan bahwa rata-rata manusia di dunia menggunakan kurang dari 1 % potensi otaknya. Ada yang mengatakan kenyataan ini adalah kabar buruk dalam perkembangan peradaban manusia. Namun menurut saya, ini adalah kabar baik. Karena masih terdapat 99% potensi otak yang masih dapat kita kembangkan. Artinya kita dapat melakukan sesuatu untuk meningkatkan potensi otak anak kita. Melalui pelatihan-pelatihan yang dirancang dengan stimulasi yang tepat akan mengakibatkan bertambahnya sel neuron yang teraktifkan. Semakin banyak sel neuron yang teraktifkan akan menentukan tingkat kecerdasan seorang anak semakin baik.

Kemampuan daya nalar seorang anak juga dapat di kembangkan menjadi lebih baik. Bila anda menganggap putra-putri kesayangan anak susah dalam pelajaran mengarang, berarti ada yang kurang dalam daya nalar anak tersebut. Guna meningkatkan keterampilan anak dalam hal mengarang, anda dapat memulai dengan menstimulasi daya nalar anak tersebut. Caranya mudah dan dapat dilakukan tanpa alat bantu. Misalnya anak anda duduk di bangku sekolah kelas 1 SD. Anda dapat memulai dengan memberitahu anak sebuah kata, lalu meminta anak tersebut menceritakan 3 hal tentang kata tersebut. Contohnya anda memberitahu anak kata : “PENSIL”. Lalu anda meminta anak tersebut menceritakan 3 hal tentang pensil. Bila pada awalnya anak tersebut kesulitan dalam menceritakan 3 hal tersebut. Anda dapat membantu dengan memancing melalui pertanyaan. Misalnya : Pensil terbuat dari apa ? Lalu pertanyaan berikutnya : Pensil digunakan untuk apa ? Ada berapa jenis pensil ? Anda mewarnai dengan menggunakan pensil apa ?

Ketika kita melatih anak dengan menggunakan stimulasi tersebut diatas, sesungguhnya kita sedang merangsang daya nalar anak tersebut. Lakukan stimulasi ini dalam bentuk bermain serta rancang dengan suasana yang menyenangkan, berikan pujian kepada anak ketika mereka dapat menceritakannya dengan baik. Anda juga dapat memadukan dengan metode berlomba antara dua anak, bila anak anda adalah anak tunggal, anda dapat mengajak pasangan anda (suami atau istri) anda dalam permainan tersebut. Semakin menarik stimulasi yang anda lakukan akan menjadikan anak lebih cepat belajar dan semakin termotivasi. Metode ini sangat efektif untuk di mainkan minimal 3 kali sehari. Dan setiap kali cukup berikan maksimal 2 kata untuk dikembangkan menjadi 3 kalimat. Bila anak tersebut telah mulai belajar menulis, minta dia menuliskan diatas selembar kertas. Bila anda sabar dan telaten serta melatih anak anda secara kontinu, anak tersebut akan memberikan hasil yang mengejutkan dalam hal mengarang.

Keterampilan mengarang adalah dasar dalam berkomunikasi dengan lingkungannya, kelak kemudian hari keterampilan tersebut juga akan membangun konstruksi yang kokoh bagi anak tersebut dalam hal meyusun laporan, membuat proposal, menulis thesis atau skripsi, bahkan yang paling sederhana adalah menulis surat lamaran kerja. Bukankah keterampilan tersebut adalah hal yang berharga dan mendukung kesuksesan anak ? Bila anda menyadari hal ini penting, segera bertindak dan latihlah anak anda menjadi generasi penerus bangsa yang siap menghantarkan Bangsa Indonesia menjadi Bangsa yang Besar dan Kuat, sehingga mampu bersaing di era globalisasi yang serta merta akan merubah Bangsa yang kita cintai ini menjadi Bangsa yang Kaya dan Makmur. Bila anda ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang tips mengembangkan daya nalar anak, anda dapat mengirimkan pertanyaan anda ke email : nugrohoedu@yahoo.com. Selamat mencoba dan menjadi orang tua yang budiman dan teladan yang baik bagi putra-putri anda.

Tidak ada komentar: